AOL Instant Messenger Resmi Berhenti Beroperasi Per Tanggal 15 Desember 2017

AOL Instant Messenger Resmi Berhenti Beroperasi Per Tanggal 15 Desember 2017

Kali ini ada kabar yang kurang menyenangkan datang dari AOL Instant Messenger (AIM), dimana pada tanggal 15 Desember 2017, layanan perpesanan ini akan dimatikan atau berhenti beroperasi. Kabar ini diumumkan secara resmi oleh Oatch, yang merupakan anak perusahaan Verizon, yang memegang operasi gabungan Yahoo dan AOL.

Tentu kabar ini cukup mengejutkan mengingat AOL sendiri merupakan salah satu pionir aplikasi pesan instant ketika awal kemunculan internet. Dengan penutupan AOL pada akhir tahun nanti, layanan pesan instant tersebut akan genap berusia 20 tahun. Sayanya eksistensinya saat ini memang sudah tidak bisa dipertahankan lagi, sehingga perusahaan lebih memilih mematikan layanan tersebut dan membangun produk baru yang lebih bermanfaat.

Berjamurnya smartphone saat ini membuat persaingan layanan perpesanan instant semakin ketat. Ya, AOL kalah bersaing dengan bersaing aplikasi messenger baru seperti WhatsApp dan Facebook Messenger. Baik WhatsApp maupun Facebook Messenger masing-masing memiliki lebih dari satu juta miliar pengguna yang tersebar di seluruh dunia. Sementara pengguna AOL Instant Messenger dilaporkan hanya sekitar 10 juta pengguna.

Untuk saat ini perusahaan belum mengungkapkan rencana untuk menghadirkan pengganti AIM, namun saat ini kandidat yang memungkinkan untuk menggantikannya adalah Yahoo Messenger.

PPOB Griya BTN

beritateknologi.com

Leave a Reply