Apakah LM Antam bisa dipalsukan ?

Apakah LM Antam dapat dipalsukan ?

LM atau Logam Mulia adalah emas batangan yang cukup terkenal di Indonesia. Apalagi emas yang satu ini dicetak antam dan memiliki sertifikat. Terdapat juga cap LM pada emas batangan tersebut dan terdapat nomor seri serta berat emas yang tertera diatas emas batangan tersebut. Dengan adanya nomor seri yang sama di sertifikat dan di emas batangan tersebut membuat para penggemar emas batangan yakin akan keaslian emas LM Antam ini. Ukuran dari emas LM ini juga beragam.dari mulai yang paling kecil yakni 0,5 gram sampai dengan yang terbesar 1000 gram.

LM Antam ini kerap dijadikan alat investasi jangka panjang. Karena LM Antam ini aman dari yang namanya inflasi. Sehingga harganya tidak akan pernah turun bahkan harganya terus meningkat setiap tahunnya. Minat masyarakat terhadap LM Antam ini juga sangat tinggi. Mungkinkah ada oknum yang berani memalsukan LM Antam ini ?

Menurut saya untuk LM produksi 2011 ke atas tidak ada yang bisa memalsukannya. Karena ukiran yang terdapat pada LM produksi 2011 keatas ini sudah menggunakan tulisan portrait. Selain itu sudah ada ciri – ciri yang lebih spesifik yang menunjukkan keaslian emas yang terdapat pada emas batangan produksi 2011 keatas tersebut. Namun tidak menutup kemungkinan jika oknum jahat dapat memalsukan produksi emas LM produksi 2011 ke bawah. Karena tulisannya masih bermodel landscape dan belum memiliki ciri – ciri yang lebih spesifik yang bisa menunjukkan keaslian emas tersebut.

Emas LM Antam produksi 2011 ke atas memiliki ciri – ciri yang lebih spesifik untuk menunjukkan keasliannya yaitu sebagai berikut :

  1. Emas Produksi 2011 Keatas Memiliki Hologram di Bagian Belakang

Dengan adanya hologram dibagian belakang membuat para oknum yang ingin memalsukan emas ini akan berfikir seribu kali. Karena cetakan hologram 3D dibagian belakang ini dibuat sangat detail. Sangking detailnya anda bisa melihat huruf L ataupun M dari sudut manapun dan dari sisi yang lain. Jadi akan membutuhkan dana yang sangat besar jika memang ada oknum jahat yang ingin memalsukan emas yang satu ini. Sekalipun ada yang berhasil membuat duplikat dari LM Antam ini tetap akan kelihatan perbedaannya, karena LM Antam ini menggunakan hologram dengan garis yang sangat presisi.

emas antam

  1. Sertifikat Emas yang Asli akan Terlihat Seperti Uang Kertas Apabila diterawang

Emas yang asli pasti memiliki sertifikat yang menunjukkan keterangan emas. Sertifikat emas LM Antam memiliki garis air yang hanya bisa dilihat dengan menggunakan sinar UV. Garis air ini merupakan salah satu syarat utama yang harus dimiliki oleh sertifikat emas yang asli. Dan apabila diterawang menggunakan sinar UV , maka akan terlihat logo S dari sertifikat tersebut. Di dalam sertifikat emas yang asli juga terdapat ID number yang sama dengan ID number yang terdapat pada emas batangan tersebut. Sehingga emas dan sertifikatnya tidak dapat dipisahkan. Maka dari itu jika ada oknum jahat yang ingin memalsukan LM Antam, berarti ia juga harus memalsukan sertifikatnya. Jangankan untuk membuat duplikat dari emas LM Antam , Mungkin untuk membuat sertifikatnya saja oknum tersebut tidak mampu. Karena sertifikatnya saja sudah memiliki ciri khas khusus agar tidak dapat dipalsukan.

Jadi jika anda menjumpai emas LM yang tidak memiliki  ciri – ciri seperti yang telah saya jelaskan diatas, anda patut mencurigainya. Apalagi untuk emas LM produksi 2011 ke atas. tentunya akan semakin gampang bagi anda untuk membedakan mana yang asli dan mana yang palsu. Begitu juga dengan sertifikatnya.

Kesimpulan : tidak ada oknum yang ingin rugi ataupun ingin mengeluarkan biaya yang besar untuk memalsukan LM Antam tersebut. Karena banyak cara yang bisa menandai mana emas LM yang asli dan mana yang palsu. Jadi kesimpulannya adalah emas LM Antam tidak dapat dipalsukan.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Apakah LM Antam bisa dipalsukan ? Semoga artikel yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi anda semua agar terhindar dari para pelaku kejahatan. Sekian dan Terima kasih.