Cara Menarik Pelanggan Toko Kelontong Agar Ramai Pengjunjung

Tips dan Trik cara menarik pelanggan toko kelontong agar toko kita selalu ramai di kunjungi oleh banyak pelanggan setiap hari.

Selamat datang pengusaha.

Pada pertemauan kali ini saya akan membagikan cara menarik pelanggan toko kelontong, tapi sebelum itu apakah anda sudah mengerti apa penyebab toko kelontong anda sepi?..

toko kelontong

Jadi pahami penyebabnya terlebih dahulu baru anda dapat mencari cara manarik pelanggan toko kelonontong agar ramai pengunjung.

Penyebab toko kelontong sepi:

  1. Tingkat persaingan tinggi

Jika di sekitar toko kelontong kita ada banyak toko kelontong yang lain, maka anda harus siap bertempur harga, jika tidak maka toko anda akan sepi dari pengunjung.

  1. Harga lebih mahal dari yang lain

Setiap orang pasti ingin berbelanja barang bagus tapi dengan harga yang paling murah, bukan yang murah tapi yang paling murah.

  1. Pelayanan tidak memuaskan

Jika pelayanan anda kurang baik dimata pelanggan, pasti pelanggan tidak akan kembali karena merasa kecewa dengan pelayanan anda.

  1. Lokasi tidak strategis

Semurah apapun dan sebagus apapun pelayanan anda, jika posisi tidak strategis dan sepi dari keramaian. Sudah pasti toko anda sepi pengunjung.

  1. Barang tidak lengkap

Pernah anda mengdengar ibu-ibu ngomong “belanja disitu aja, lebih lengkap”..?…

terlengkap

Dari sekian banyak penyebab toko kelontong sepi  yang paling umum adalah yang 5 diatas. Jadi yang pertama harus anda benahi adalah 5 diatas, setelah itu baru memperbaiki hal-hal yang lain.

Baiklah, saya akan menjelaskan Cara menarik pelanggan toko kelontong Ramai pengjunjung adalah memperbaiki 5 penyebab pelanggan tidak berbelanja di toko kita.

Cara menarik pelanggan toko kelontong:

  1. Jika anda belum membuka toko dan hendak membuka toko kelontong, sebaiknya pertimbangkan tingkat persaingan di sekitar lokasi toko yang akan kita bangun.

Jika sudah ramai toko kelontong sebaiknya pertimbangkan kembali dan buat daftar beberapa lokasi yang strategis dan perhitungkan setiap daftar lokasi tersebut.

Tapi buat yang sudah mempunyai toko dengan tingkat persaingan tinggi jangan khawatir, anda masih tetap dapat membuat toko anda ramai tapi harus dengan perjuangan yang lebih dari pada yang lain.

Yang perlu anda lakukan hanya memahami karakter pelanggan anda, apa yang paling menarik perhatian pembeli dan itulah yang akan anda lakukan.

Yang paling menarik perhatian pembeli adalah harga, kelengkapan dan pelayanan.

  1. Toko di lokasi yang tingkat persaingannya rendah, mungkin dapat menekan harga agak tinggi agar memperoleh keuntungan yang besar.

harga terbaik

Tapi buat yang toko dengan tingkat persaingan tinggi, jangan pernah bermain dengan harga, dampaknya sangat fatal. Sekali toko di cap mahal oleh pelanggan, maka pelanggan lain akan enggan berbelanja di toko anda.

Dari pada untung banyak tapi jarang laku lebih baik untung sedikit tapi banyak laku, toh karena banyak laku jadi banyak untung.

Jarang sekali orang yang menekan harga tinggi tokonya dapat berkembang, pasti toko dengan harga murah yang dapat berkembang menjadi lebih besar.

Setiap orang tentu ingin menjual harga murah, tapi jika harga belinya sudah tinggi gimana mau jual harga yang rendah…ya kan…

Caranya anda harus mencari suplier dengan harga yang terendah, jangan fokus pada 1 tempat berbelanja saja.

Biasanya, semakin ke kota maka semakin murah. Jadi anda dapat berbelanja barang dari toko-toko besar yang ada di kota besar untuk mendapatkan barang yang murah.

Atau anda dapat membeli barang di kota-kota besar agar anda memperoleh barang dengan harga murah, dengan begitu anda dapat menjual barang tersebut lebih murah dari toko yang lain.

  1. Perhatikan kepuasan pelanggan

Jika anda sorang pelanggan, pelayanan bagaimana yang memuaskan anda?…

Dari 100 orang yang saya tanya soal pelayanan, rata-rata menjawab fast respon.

Setiap orang jenuh jika di suruh menunggu, termasuk pelanggan anda. Jika anda lama atau lamban dalam melayani mereka sehingga mereka menunggu lama. Maka mereka tidak akan puas.

Apalagi jika anda ngobrol dengan pelanggan lain sementara yang lain antri minta dilayani berbelanja. Tentu pelanggan yang antri tersebut akan kesal karena waktu mereka termakan hanya karena anda sibuk ngobrol denga pelanggan lain.

Selain itu, anda dapat meletakkan tempat duduk untuk pelanggan yang antri agar tidak terlalu lelah berdiri.

paham calon pelanggan

Ramah tamahpun sangat menentukan, jika anda salalu memasang wajah yang masam, tentu saja pelanggan akan segan dan merasa tidak enak dengan anda.

Terutama jika uang pelanggan anda kurang, jangan pernah mengambil barang yang sudah dibungkus. Anda harus memberi pinjaman kepada para pelanggan, jika palanggan tersebut kembali berbelanja maka mereka akan membayar.

Mungkin anda akan menjumpai beberapa orang yang tidak akan membayar hutang, tapi dari sekian kerugian anda, berapa banyak yang anda terima?.. ramah tamah dan kemurahan anda akan lebih banyak mendatangkan penghasilan dari pada kerugian yang anda korbankan.

  1. Kelengkapan barang

Seupaya apapun, jika masih awal mungkin masih banyak barang yang belum tersedia. Jadi jika ada pelanggan yang ingin membeli sebuah barang dan barang tersebut tidak tersedia di toko anda, upayakanlah barang tersebut.

Entah itu anda beli dari toko sebelah atau bagaimana caranya agar pelanggan tidak merasa kecewa.

Anda harus mendengarkan saran dari pelanggan, jika pelanggan meminta anda menjual barang A, upayakan anda menjual barang tersebut meski barang tersebut tidak banyak di cari oleh orang.

Semakin hari toko anda akan semakin lengkap dan pelanggan akan lebih mengutamakan toko yang lengkap dari pada toko yang tidak lengkap, karena pelanggan tidak mau repot kesana-kemari untuk berbelanja.

  1. Sosial anda

Meski sosial nampak diluar usaha, tapi jangan mengira sosial anda tidak berpengaruh terhadap usaha anda.

Contohnya jika anda sering menolong orang kesusahan, maka orang yang akan anda tolong pasti akan berusaha untuk membalasnya. Mungkin mereka tidak dapat membalas kebaikan anda tapi mereka dapat menjadi pelanggan setia toko anda.

Nampak sepele tapi sosial akan sangat mempengaruhi usaha toko anda, jadilah orang yang baik dan dihormati oleh pelanggan. Banyak-banyaklah membantu orang dan menenamkan jasa kepada orang lain.

Dari sekian banyak cara menarik pelanggan toko kelontong agar ramai pengunjung, 5 cara di atas yang paling utama dan wajib dicoba oleh setiap pengusaha kelontong.

Pahami karakter pelanggan anda maka anda akan dapat memberikan apa yang mereka butuhkan dan pelanggan akan berdatangan tanpa henti.

Baca juga cara memulai usaha dari nol DISINI

Tingkatkan kualitas sosial anda kepada orang lain, terutama keluarga dan tetangga anda.

Pahami sebab akibat, sebab anda berbuat baik maka akibatnya orang lain akan baik kepada anda.

Semoga artikel tentang cara menarik pelanggan toko kelontong agar ramai pengunjung bermanfaat bagi kita semua.

Terima kasih dan selamat mencoba.