Ethereum Yakin Bisa Saingi Visa

Ethereum Yakin Bisa Saingi Visa

Ethereum Yakin Bisa Saingi Visa

Photo :

  • www.techcrunch.com

VIVA.co.id – Pendiri mata uang digital Ethereum, Vitalik Buterin, meyakini ke depan teknologi blockchain yang dikembangkan bisa menyaingi skala institusi finansial seperti Visa dan kartu kredit. Buterin menjelaskan salah satu kunci penting mata uang digital pesaing Bitcoin itu yakni pengembangan teknologi blockchain. 

Dikutip dari Techcrunh, Selasa 19 September 2017, teknologi blockchain merupakan sebuah buku besar digital publik yang mencatat semua transaksi mata uang digital. 

Teknologi ini menggunakan jaringan komputer terdesentralisasi untuk mengirim pesan yang menciptakan buku besar digital tersebut. Buku besar ini bisa diakses secara universal dan dijamin tak bisa diedit atau dimodifikasi.

Sehingga upaya peretasan susah dilakukan, sebab transaksi buku besar digital itu terekam dalam ribuan jaringan komputer. Dengan sistem tersebut, teknologi blockchain membuat risiko penipuan pada transaksi hukum maupun bisnis dengan teknologi itu sangat kecil. 

Dengan konsep terdesentralisasi, maka akan menawarkan keamanan dibanding dengan sistem tersentralisasi dan melibatkan pihak ketiga dalam layanan perbankan. 

“Bitcoin saat ini memproses kurang lebih 3 transaksi per detik. Ethereum melakukan 5 transaksi per detik dan Uber bertransaksi 12 dalam tiap detiknya. Butuh beberapa tahun bagi blockchain untuk menyaingi Visa,” jelas pendiri Ethereum tersebut. 

Buterin mengakui, blockchain saat ini masih belum populer dan belum menjadi mainstream. Tapi dia yakin dengan profil yang ada saat ini, nantinya Ethereum dengan teknologi blockchain-nya bisa mencuri perhatian publik. 

Seiring dengan perkembangan teknologi, teknologi blockchain akan tumbuh dan menggantikan banyak layanan yang memerlukan paralelisasi, program yang harus dijalankan pada saat bersamaan. 

Berdasarkan pantauan dari situs coinmarkecap menunjukkan, nilai Ethereum naik 0,92 persen sehingga nilainya menjadi US$280,79, nilai mata uang digital lainnya yakni Bitcoin naik 5,22 persen dengan nilai tukar US$3907,75.  

(ase)





Viva.co.id

Leave a Reply