Google Jelaskan Alasan 'Bunuh' Headphone Jack pada Pixel 2

Google Jelaskan Alasan 'Bunuh' Headphone Jack pada Pixel 2

Google Jelaskan Alasan 'Bunuh' Headphone Jack pada Pixel 2

Photo :

  • REUTERS/Stephen Lam

VIVA.co.id – Google telah meluncurkan smartphone terbarunya, Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Pada dua smartphone baru itu, Google ‘membunuh’ headphone jack 3,5 mm. Sebagai gantinya, Google merilis headphone analog yang dihubungkan menggunakan adaptor USB-C. 

Langkah Google membuang headphone jack mengikuti langkah Apple sebelumnya pada iPhone. Google menyadari kemungkinan ada pengguna yang khawatir dengan penghapusan headphone jack itu. Hal itu wajar sebab, headphone jack sudah menjadi standar perangkat mobile dalam satu dekade terakhir. 

Google menjelaskan, keputusan menghapus headphone jack bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna Pixel 2 dan Pixel 2 XL. 

“Beralih ke USB-C audio port dengan Pixel 2 memungkinkan kami memberikan pengalaman digital dan audio lebih baik, seperti halnya kami mengarahkan (smartphone) dengan bezel yang tipis di masa depan,” kata Manajer Komunitas Google Pixel, Orrin pada halaman pendukung Google dikutip dari Ubergizmo, Senin, 9 Oktober 2017. 

Secara teknis, Orrin mengatakan, headphone jack belum benar-benar hilang, masih ada pada ponsel anyar tersebut meski dalam bentuk USB-C. 

“Pixel 2 masih hadir dengan headphone jack tapi kami telah menggantinya dengan USB-C, sebuah standar yang umum dalam ponsel dan laptop terbaik pada hari ini,” ucapnya. 

Google memperkenalkan Pixel 2 dan Pixel 2 XL dalam sebuah acara di San Francisco, Rabu, 4 Oktober 2017 waktu setempat. 

Dua smartphone baru itu hadir untuk bersaing dengan iPhone 8 dan iPhone 8 plus serta smartphone premium Android yang sudah beredar, Galaxy Note 8 dan OnePlus 5. 

Tak jauh beda dengan smartphone premium lainnya yang beredar pada 2017, Pixel 2 dan Pixel 2 XL hadir dengan fitur tahan debu dan air, menjalankan sistem operasi Android Oreo atau Android 8.0. Keduanya mengusung, RAM 4GB, memori 64 GB atau versi 128 GB, dapur pacu Qualcomm Snapdragon 835.

Dari sisi kamera, dikutip dari The Verge, kamera utama Pixel 2 dan Pixel 2 XL hadir dengan masing-masing 12,2 megapiksel dengan bukaan f/1.8 dan Optical dan Electronic Image Stabilization (OIS dan EIS). Lensa kamera itu akan dipadu dengan teknologi fotografi komputasi Google yang diklaim bisa memberikan fitur yang lebih variatif.

Sedangkan kamera depan, keduanya mengusung lensa 8 MP dengan bukaan f/2.4. Kamera belakang mendukung untuk video 1080p pada 30, 60, 120 frame per detik.



PPOB Griya BTN

Viva.co.id

Leave a Reply