Google Resmi Umumkan Pixel 2 dan Pixel 2 XL, Berikut Spesifikasinya

Google Resmi Umumkan Pixel 2 dan Pixel 2 XL, Berikut Spesifikasinya

Setelah lama ditunggu-tunggu, akhirnya Google baru saja mengumumkan duo smartphone flagship miliknya, yakni Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Sebagai generasi berikutnya, kedua smartphone Pixel tersebut membawa banyak perbaikan dari model pertama dan seperti pendahulunya, keduanya hadir dengan logo “made by Google” tanpa adanya branding dari produsen (HTC dan LG).

Jika Pixel dan Pixel XL yang meluncur tahun lalu terlihat berbeda hanya pada ukurannya saja, kali ini generasi kedua dari smartphone Pixel dibedakan dalam hal ukuran layar, resolusi, dan kapasitas baterai. Bahkan aspek rasio layar juga membedakan tampilan antara Pixel dan Pixel 2 XL.

Meski kedua smartphone ini sama-sama menawarkan pengalaman pengguna yang sama, namun Pixel 2 XL terlihat berbeda karena dipengaruhi oleh rasio 18:9 yang membuat bezel smartphone ini menjadi sangat tipis, serta kapasitas baterai yang cukup berbeda jauh. Namun untuk spesifikasi lainnya, kedua smartphone ini berbagi spesifikasi yang sama.

Google Pixel 2 White

Untuk varian tertinggi tentu saja diduduki oleh Pixel 2 XL, dimana smartphone ini hadir dengan layar seluas 6 inci beresolusi 1440 x 2880 piksel (rasio 18:9) dengan jenis P-OLED. Namun karena Pixel 2 XL ingin menghadirkan speaker stereo yang menghadap ke depan, jadi bezel smartphone ini terbilang lebih tebal jika dibandingkan dengan smartphone full-screen lainnya. Tak ketinggalan, Coring Gorilla Glass 5 juga telah diusung oleh smartphone ini.

Google Pixel 2 Kinda Blue

Sementara untuk Pixel 2 hadir dengan layar 5 inci beresolusi Full HD dengan jenis panel AMOLED. Berbeda dengan Pixel 2 XL, aspek rasio pada Pixel 2 ini hanya 16:9 yang membuatnya memiliki bezel tebal seperti Pixel generasi pertama. Pixel 2 juga telah menggunakan Gorilla Glass 5 untuk melapisi layarnya.

Google Pixel 2 Black

Untuk bagian dapur pacu tidak begitu mengejutkan, dimana spesifikasinya masih sama dengan flagship lainnya. Kedua smartphone ini sama-sama hadir dengan chipset Snapdragon 835 yang dipadukan dengan 4GB RAM dan pilihan penyimpanan 64GB dan 128GB.

Untuk fotografinya tak banyak perubahan yang dibawa kedua smartphone ini. Jika banyak smartphone flagship saat ini yang memiliki setup dual-kamera, duo Pixel terbaru masih setia mengusung kamera tunggal. Kamera belakang memiliki sensor 1.4um 12MP f/1.8 yang harus diakui kualitasnya, karena memberikan peringkat yang tinggi pada DxO mark (98).

Google Pixel 2 XL Black-White

Untuk merekam video menggunakan kamera belakang juga akan lebih stabil karena bisa menggunakan OIS dan EIS secara bersamaan. Ada juga mode potret untuk gambar dengan efek bokeh dan meskipun Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL hadir dengan satu sensor kamera, namun mereka mengatakan jika kemampuan kamera kedua smartphone ini didukung dengan dual pixel phase detection dan mesin pembelajar. Sementara untuk kamera depan menggunakan sensor 1.4μm 8MP f/2.4 yang juga menggunakan teknologi yang sama seperti bagian belakang untuk menghasilkan foto selfie yang berkualitas.

Google Pixel 2 XL Black

Meski LG kali ini bertugas membuat Pixel 2 XL, namun smartphone tersebut juga hadir dengan Active Edge seperti Pixel 2 buatan HTC. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memeras ponsel mereka dan membuka layanan seperti meluncurkan asisten digital dengan gesture. Pixel 2 dan Pixel 2 XL datang dengan satu e-SIM dan slot SIM nano, yang memungkinkan Anda memiliki dua nomor.

Untuk fitur lainnya, keduanya hadir dengan Bluetooth 5.0, NFC, GPS dan Wi-Fi dual band. Ada juga chip keamanan khusus untuk melindungi perangkat terhadap serangan malware dan perangkat keras. Keduanya juga hadir dengan rating IP67 untuk ketahanan debu dan air. Sayangnya, Google kali ini membuang jack audio 3.5mm yang digantikan dengan adapter headphone ke USB-C.

Bagian baterai merupakan hal pembeda dari kedua smartphone tersebut yang paling terasa. Hal tersebut masih bisa dimaklumi karena keduanya memiliki perbedaan ukuran layar yang cukup jauh. Pixel 2 yang memiliki ukuran lebih kecil hadir dengan baterai 2.700mAh, sementara Pixel 2 XL memiliki baterai 3.529mAh. Untuk ketersediaan warna, Pixel 2 memiliki pilihan warna biru, hitam, dan putih, sementara Pixel 2 XL hanya hadir dengan warna hitam dan perpaduan putih-hitam.

Google mengatakan kedua ponsel akan menerima update keamanan untuk 3 tahun ke depan, termasuk sistem operasi terbaru. Keduanya akan mulai tersedia pada tanggal 17 Oktober dengan banderol harga $649 (Rp8,7 jutaan) untuk Pixel 2 64GB dan $749 (Rp10,1 jutaan) untuk model 128GB. Sementara Pixel 2 XL dibanderol $849 (Rp11,4 jutaan) untuk model 64GB dan $949 (Rp12,8 jutaan) untuk model 128GB.

PPOB Griya BTN

beritateknologi.com

Leave a Reply