Penggolongan Emas dan Arti Kode Kode Yang Terdapat Pada Perhiasan Emas

Jika Anda adalah salah satu dari tipe orang yang senang membeli perhiasan emas, atau senang mengoleksi perhiasan berupa emas. Pasti Anda pernah menemukan kejanggalan mengapa harga emas antara satu toko dengan toko yang lainnya dapat berbeda harganya ? Padahal anda membandingkan harga tersebut dalam satuan berat yang sama. Seharusnya dengan berat yang sama emas – emas tersebut akan memiliki harga yang sama pula. Nah mengapa hal ini bisa terjadi ? apakah harga yang mahal menandakan mas tersebut asli dan harga yang murah menandakan mas tersebut palsu ? jawabannya adalah tidak.

Yang namanya toko emas resmi, tidak akan berani menjual emas palsu. Jangan karena harganya murah anda beranggapan kalau emas yang dijualnya adalah emas paslu. Disini saya akan mencoba meluruskan semua kesalahpahaman anda mengenai emas. Ada beberapa hal yang tidak Anda ketahui mengenai emas. Yaitu penggolongan emas, kode – kode pada emas dan hal yang membuat harga emas tersebut berbeda.

Untuk memperdalam pengetahuan anda mengenai emas, terutama bagi anda yang sering membeli emas atau yang senang mengoleksi perhiasan emas. Hal ini sangat penting untuk Anda ketahui agar Anda tidak akan salah pilih ataupun salah anggapan mengenai perhiasan emas.

Didalam perhiasaan emas ada dua penggolongan yang menyebabkan harganya dapat berbeda antara toko yang satu dengan toko yang lainnya. Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan berikut ini.

Berikut adalah 2 penggolongan Emas :

  1. Emas Muda

 Yang dikatakan dengan emas muda adalah emas yang memiliki kadar dibawah 50 %. Dan biasanya harga emas mudah jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga emas tua. Hal ini dikarenakan emas muda memiliki kadar emas yang jauh lebih sedikit daripada kadar emas yang dimiliki oleh emas tua. Biasanya kadar yang dimiliki emas muda adalah 15 % , 30%, 33,33 %, 37,5%, 40% dan 42%. Bisa Anda lihat sendiri kan kadar yang dimiliki oleh emas muda berada dibawah 50 % . Hal ini yang menyebabkan harga emas muda jauh lebih murah daripada harga emas tua.

baca juga: Koleksi Lengkap Harga Perhiasan Emas Terbaru Hari ini

  1. Emas Tua

 Nah yang dikatakan sebagai emas tua adalah emas yang memiliki kadar diatas 50 %. Emas tua adalah kebalikan dari emas muda. Jika emas muda memiliki harga yang jauh lebih murah, maka harga emas tua jauh lebih mahal. Hal ini disebabkan karena emas tua memiliki kadar yang jauh lebih tinggi yaitu diatas 50 % sedangkan emas muda memiliki kadar yang jauh lebih rendah yaitu dibawah 50 %. Biasanya kadar yang dimiliki emas tua adalah sekitar 58,5 %, 70 %, 75 %, 83,3 %, 85 %, 87,5 %, 91,6 %, 95,8 %.

Yang menjadi pertanyaan disini adalah mengapa setiap perhiasan emas tidak pernah memiliki kadar emas 100 % ? jawabannya adalah karena jika perhiasan emas dibentuk dengan emas murni 100 %, maka emas tersebut tidak akan bisa mengeras dan otomatis tidak akan bisa digunakan sebagai perhiasan. Maka dari itu perhiasan emas harus ditambah dengan sedikit campuran logam lainnya seperti Alloy agar perhiasan tersebut dapat mengeras dan dapat dipakai sebagai perhiasan.

Nah selain membahas mengenai penggolongan yang terdapat pada emas, pernahkan anda melihat ada kode – kode yang terdapat pada perhiasan emas Anda ? Contohnya dicincin anda terdapat kode 375 atau 750. Tahukan Anda apa arti dari kode tersebut ? disini saya akan mencoba membahas satu – persatu kode yang terdapat pada emas. Dan apa tujuannya kode tersebut dibuat. Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan berikut ini.

penggolongan Emas

Kode yang terdapat pada Emas Muda :

  1. Kode Emas 150

 Jika anda menjumpai ada kode emas 150 pada salah satu perhiasan anda, ini menandakan bahwa emas tersebut memiliki kadar 15 %. Biasanya kode ini banyak terdapat pada perhiasan kalung. Kode ini biasa dikeluarkan oleh pabrik emas KING HALIM yang memiliki nama GB150 yaitu Gold Bond 150.

  1. Kode Emas 300

 Sama seperti penjelasan diatas, jika anda menjumpai ada kode emas 300 pada salah satu perhiasan anda berarti perhiasan anda memiliki kadar 30 %. Biasanya kode atau cap yang ditemukan adalah dengan kode hati Lotus, RS, M, N, MG, BMW, KH, HWT, UBS, A3, PR, LGT, L, 0, 3, HT, MT, DY dan KY. Biasanya setelah kode tersebut diikuti dengan angka 30.

  1. Kode Emas 333

 Jika amda menemukan kode 333 pada perhiasan emas anda berarti perhiasan emas anda memiliki kadar 33,33 %.

  1. Kode Emas 375

 Kode emas yang satu ini tidak hanya anda temukan pada emas kuning tetapi pada emas putih juga. Jika anda menemukan kode emas 375 berarti emas anda memiliki kadar 37,5 % dan biasanya pabriknya memberikan cap segitiga, prisma, A, Beta/B, SA, HWT dan UBS.

  1. Kode Emas 400

 Perhiasan Emas yang memiliki kode 400 berarti perhiasan tersebut memiliki kadar 40 % . Kode yang satu ini sudah jarang sekali ditemukan karena kode ini adalah kode yang digunakan pada produksi lama.

  1. Kode Emas 420

 Perhiasan yang memiliki kode emas 420 berarti perhiasan tersebut memiliki kadar sebesar 42%. Kode ini banyak ditemukan pada perhiasan kalung. Emas yang satu ini dikeluarkan oleh HWT dan UBS. Tetapi jika Anda membeli perhiasan diluar negeri maka biasanya emas kadar 42% diberi label 10k.

Kode yang terdapat pada Emas Tua :

  1. Kode Emas 585 atau 14K585

Jika anda menemukan salah satu kode diatas berarti perhiasan emas tersebut memiliki kadar 58,5%. Kode 14K585 adalah kode yang digunakan pada perhiasan luar negeri.

  1. Kode Emas 700

Kode emas 700 menunjukkan kalau perhiasan emas tersebut memiliki kadar emas 70%. Emas yang memiliki kode 700 ini paling banyak dijual dipasaran dan diproduksi oleh KH, MT, SG, JR, S22, HWT, UBS dan ada juga yang menggunakan logo matahari.

  1. Kode Emas 750

 Kode emas 750 ini memiliki kadar emas 75% dan kode yang satu ini juga paling banyak ditemui dipasaran dan diproduksi oleh Prisma750, 18K, AYU, MT, HT, JR, Citra, KH, HWT dan UBS.

  1. Kode Emas 833

 Jika Anda menemukan kode 833 berarti perhiasan emas tersebut memiliki kadar 83,3%. Kode yang satu sangat jarang ditemui dipasaran sebab kadarnya terlalu tinggi dan harganya juga sudah pasti tinggi. Sehingga peminatnya pun sedikit. Paling orang – orang kelas atas saja yang mampu membeli emas dengan kadar 83,3 % ini.

  1. Kode Emas 850

 Jika Anda menemukan kode emas 850 berarti perhiasan emas tersebut memiliki kadar emas 85 %. Sama seperti kode emas 833, kode emas 850 ini pun jarang ditemui dipasaran sebab harganya terlampau mahal.

baca juga: Cara Yang Paling Efektif Mencari Emas Di Suatu Wilayah, Dijamin Sukses !

  1. Kode Emas 875 atau 21K875.

 Nah jika anda menemukan salah satu kode diatas, berarti perhiasan emas tersebut memiliki kadar 87,5 %. Kode Emas 21K875 banyak diproduksi di Arab.

  1. Kode Emas 22K916

Jika anda menemukan Kode emas 22K916 berarti emas tersebut i memiliki kadar 91,6 %. Dan biasanya emas ini berasala dari Kendari, Dubai, Bali dan Bangkok.

 

  1. Kode Emas 23K958 atau 958

 Nah jika anda menemukan salah satu dari kode diatas, berarti emas tersebut memiliki kadar 95,8 %. Kode emas seperti ini biasa dijumpai di daerah Padang, Bengkulu, Kalimantan dan Jambi.

Untuk anda yang masih bingung dengan lambang K berarti K tersebut memiliki arti sebagai Karat. Contoh 18K, 22K, 23K artinya 18 Karat, 22 Karat dan 23 Karat.

Jadi sekarang anda sudah tahu kan apa yang menyebabkan harga emas disetiap toko berbeda ? Hal itu disebabkan karena setiap perhiasan emas memiliki kadar atau karat emas yang berbeda. Maka dari itu harganya pun sudah pasti berbeda.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Penggolongan Emas dan Arti Kode Kode Yang Terdapat Pada Perhiasan Emas. Semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat bagi anda semua. Sekian dan Terima Kasih.