Punya Akun Yahoo? Segera Lakukan Hal Penting Ini

Punya Akun Yahoo? Segera Lakukan Hal Penting Ini

Punya Akun Yahoo? Segera Lakukan Hal Penting Ini

Photo :

  • REUTERS/Denis Balibouse

VIVA.co.id – Yahoo merilis kasus peretasan yang melanda perusahaan pada 2013. Ternyata jumlah pengguna yang jadi korban peretasan empat tahun lalu itu, lebih besar dari yang dilaporkan pada laporan awal. Dugaan awal pengguna Yahoo yang berpotensi terdampak hanya satu miliar.

Perusahaan internet yang kini menjadi anak usaha dari Verizon itu mengungkapkan, potensi pengguna yang jadi korban pencurian informasi mencapai tiga kali lipatnya, yakni tiga miliar pengguna Yahoo. 

Yahoo tak lepas tanggung jawab. Setelah mengumumkan potensi akun yang terdampak peretas itu, Yahoo mengirimkan bagaimana saran kepada pengguna email mereka.

Untuk itu, bagi Anda pengguna akun Yahoo, laman USA Today, dikutip Rabu 4 Oktober 2017 menyarankan agar segera menyegarkan kembali akun kata sandi Yahoo pengguna. 

Tapi, pada momen penggantian kata sandi ini sangat krusial. Sebab peretas atau penjahat siber bisa menyaru sebagai perwakilan Yahoo dan mengelabui pengguna.

Yahoo memastikan, tak akan mengarahkan pengguna untuk mengklik tautan tertentu dalam penyegaran kata sandi akun mereka. Yahoo menegaskan tak akan mengirimkan lampiran dan meminta informasi pribadi pengguna. 

“Email dari Yahoo atas masalah ini akan tampil dengan ikon Purple Y bisa dilihat di website Yahoo atau aplikasi Yahoo Mail. Hindari mengklik tautan atau mengunduh lampiran email yang mencurigakan,” tulis Yahoo dalam pengumumannya.

Ubah kata sandi dan pertanyaan keamanan 

Yahoo menyarankan pengguna untuk mengubah kata sandi mereka dan pertanyaan serta jawaban keamanan pada akun lainnya, yang mana informasinya sama dengan yang dipakai di akun Yahoo. 

Yahoo juga meminta pengguna untuk menimbang pengaktifan autentifikasi dua tahap pada akun Yahoo. Langkah ini memberikan level keamanan yang kuat dan ekstra.

Dalam melakukan ini harap hati-hati dan teliti, verifikasi akan dikirimkan melalui pesan SMS atau panggilan telepon, berupa kode tertentu sebagai tahapan verifikasi kedua. Kode yang dikirimkan harus diketik sebelum mengakses akun. 

Cek kembali akun non Yahoo

Tak cukup dengan memperbaharui keamanan akun Yahoo, pengguna juga disarankan untuk meninjau kembali kata sandi dan pertanyaan keamanan dari akun selain Yahoo. Cek kembali apakah kata sandi dan pertanyaan keamanan di akun non Yahoo sama seperti yang dipakai di akun Yahoo atau tidak. Saran Yahoo, lakukan perubahan juga. 

Imbauan Yahoo ini menimbang, biasanya peretas akan mencoba kombinasi keamanan yang sama pada berbagai akun, begitu mereka berhasil membobol ID dan kata kunci sebuah akun.

Jika pengguna masih merasa belum paham dan ragu dengan langkah tersebut, Yahoo mengingatkan pengguna untuk hindari menghubungi seseorang yang mengklaim sebagai perwakilan Yahoo. Jangan lakukan kesepakatan apa pun dengan oknum yang menamakan Yahoo tersebut. 

Pengguna diminta untuk mengontak Yahoo melalui akses ke help.yahoo.com. Semua bantuan pengguna tertera pada website.  



PPOB Griya BTN

Viva.co.id

Leave a Reply