Samsung Garap Chipset Exynos Baru dengan Core Khusus Untuk Mengolah Kecerdasan Buatan

Samsung Garap Chipset Exynos Baru dengan Core Khusus Untuk Mengolah Kecerdasan Buatan

Produsen smartphone global saat ini tengah belomba-lomba untuk mengembangkan teknologi kecerdasan buatan pada perangkat smartphone buatan mereka. Jika kita melihat sebelumnya, Huawei mengembangkan chipset Kirin 970 yang merupakan chip pertama dengan dengan NPU (neural processing unit) untuk tugas-tugas yang terkait dengan AI (kecerdasan buatan).

Bahkan tak hanya Huawei, iPhone generasi terbaru juga hadir dengan chipset Apple A11 Bionic yang memiliki neural engine untuk tugas-tugas mesin pembelajaran. Tak ingin ketinggalan, Samsung dikabarkan juga tengah menggarap chipset Exynos baru yang akan mengejar ketertinggalan mereka dalam pengembangan chipset dengan dukungan AI.

Menurut Korea Herald, mereka memiliki sumber dari mitra Samsung yang mengatakan jika “Samsung tengah mengembangkan beberapa jenis chip yang akan mampu memproses data yang besar dari aplikasi AI pada perangkat, serta menghilangkan kebutuhan untuk berkomunikasi dengan server cloud”.

Keuntungan memiliki unit pengolahan khusus untuk pengolahan data AI adalah bahwa data yang digunakan oleh aplikasi AI tidak perlu disimpan di cloud. Mereka dapat disimpan secara lokal dan diakses lebih cepat, dengan perbaikan kinerja mencapai 50% dibandingkan dengan sistem konvensional. Bahkan NPU yang ada di chipset Exynos terbaru memiliki kapasitas penyimpanan yang setara dengan seperseribu dari otak manusia.

 

Diharapkan chipset Exynos baru yang memiliki dukungan NPU akan tersedia untuk smartphone flagship milik Samsung tahun depan.



Source link

Leave a Reply