VIDEO: Uniknya Game Boy Terbesar di Dunia

VIDEO: Uniknya Game Boy Terbesar di Dunia

VIDEO: Uniknya Game Boy Terbesar di Dunia

Photo :

  • YouTube

VIVA.co.id – Seorang mahasiswa ilmu komunikasi dan multimedia di Belgia, Ilhan Unal menciptakan konsol jadul Game Boy raksasa. Karena ukurannya sangat besar dibanding konsol Game Boy normal, karya Unal ini memecahkan rekor dunia Guiness World Record 2018, untuk edisi Gamer.

Ukurannya tinggi 101 sentimeter, lebar 62 cm dan ketebalan 20 cm dan menjadi Game Boy terbesar di dunia. 

Pria 21 tahun itu merancang konsol raksasa itu dalam komputernya. Kemudian, dia mengaku butuh waktu sebulan membuat Game Boy raksasa yang ia sebut Game Boy XXL di laboratorium dengan keterbatasan tempat dan sumber daya. Untuk membuat Game Boy XXL, Unal mengaku harus pandai membagi waktu dengan kuliahnya. 

“Game Boy memainkan peranan penting bagi masa kecil banyak orang, termasuk masa kecil saya. Saya telah terobsesi dengan Game Boy saat dulu kecil, jadi saya mencari cara menciptakan sesuatu yang bisa membuat senyum anak kecil dan mudah-mudahan siapa saja bisa senang,” ujarnya dikutip dari Business Insider, Senin 2 Oktober 2017. 

Di dalam laboratorium, dia menggunakan tiga mesin pemotong laser untuk membuat Game Boy XXL tersebut. 

Salah satu yang sudah dari konsol raksasa itu, kata Unal, yakni untuk memencet tombol. Perlu tekanan sangat kuat untuk mengakses tombol tersebut. Sampai-sampai, Unal mengaku tak bisa merasakan jaringan setelah bermain game itu selama sejam.

Menariknya, Game Boy terbesar itu disambungkan dengan kabel dari Game Boy normal. Game Boy raksasa itu juga memiliki System Link, sehingga bisa dimainkan bersama teman-teman secara seru.

Sayangnya, Unal mengaku tak bisa menghabiskan waktunya untuk bermain Game Boy XXL. Sebab, waktunya dipakai untuk bersosialisasi dengan teman, pacar, dan tugasnya di kampus. Kerja kerasnya serasa terbayarkan dengan label rekor dunia tersebut. 

“Dengan titel itu saya merasa telah mencapai tonggak sejarah,” ujar dikutip dari situs Guiness World Record. 

Dalam pengumuman rekor dunia itu, Editor Guinness World Records Gamer’s Edition, Stephen Daulrey mengatakan, kategori rekor dunia Gamers Edition tahun ini menjadi perayaan sejati bagi pemecahan rekor termutakhir dalam dunia video game. 

“Dengan rekor ini, menunjukkan game telah banyak berubah sejak pertama kali Game Boy diluncurkan pada 1989. Selalu ada ruang untuk sebuah nostalgia di antara inovasi dan evolusi game terkenal,” ujar Daulrey.  

Game Boy XXL karya Unas menjadi yang terbesar di dunia. Sebaliknya Game Boy terkecil telah masuk dalam rekor dunia, ukurannya mini, panjangnya cuma 5,4 cm. LIhat videonya pada tautan ini.

 





Viva.co.id

Leave a Reply